Minggu, 23 Desember 2012

Honda Odyssey

All New Honda Odyssey, ciri khas yang menarik dari sosok All New Odyssey adalah MPV ini benar-benar berkepribadian sport. Hal itu bisa dilihat dari tingginya yang 1.545 milimeter dan jarak terendah (ground clearance) 150 mm. Dimensi itu menggambarkan betapa cepernya MPV ini atau hampir sama dengan sedan. Padahal, panjangnya mencapai 4.800 mm, lebar 1.800 mm, dan jarak sumbu roda 2.830 mm. Dengan format seperti itu, titik pusat gravitasinya lebih dekat ke tanah. Lantas, dengan konsep bodi one motion form, All New Odyssey pun menjadi MPV yang aerodinamis. Efek dari semua itu, konsumsi bahan bakar lebih efisien dibandingkan dengan kompetitor sekelas. Selain itu, tentu saja MPV ini menyenangkan saat dikebut dan bermanuver. Karakteristik aerodinamis dan sport juga bisa dilihat pada desain lampu depan dan belakang yang tipis plus dua knalpot di bawah bemper belakang. Adapun di depan, desain grilnya khas Honda masa kini, yaitu bemper besar yang disatukan dengan lampu utama jenis high-intensity discharge headlights (HID) serta xenon dengan autoleveling. Berarti, lampu ini bisa mengatur sendiri ketinggian sorotannya sesuai dengan posisi kendaraan, misalnya ketika menanjak, menurun, membawa muatan berat, dan berpapasan. Sosok All New Odyssey juga makin gaya dengan sunroof yang dibuka dan ditutup melalui tombol listrik.
Interior All New Honda Odyssey, tampak bagian tengah dasbor membentuk huruf V dan bertingkat. Bagian atas berwarna hitam, sedangkan bawah krem atau beige (di Jepang juga ada interior dengan warna gelap). Beberapa bagian dilapisi dengan panel wood coklat susu plus aksentuasi krom pada pinggir slot tongkat transmisi otomatis dan handel dalam pintu. Kulit warna krem yang melapisi jok, langit-langit, dan door trim melahirkan kesan cerah. Sementara itu, aksentuasi pada lapisan jok, berupa kerutan, memberikan kesan mewah. Di tengah dasbor terdapat layar LCD sentuh audio-video dengan ukuran cukup besar. Unit audio-video ini bisa menerima koneksi MP3 player, USB port, dan iPod (optional). Selain menayangkan informasi audio-video (DVD), layar monitor juga bisa dimanfaatkan pengemudi untuk melihat kondisi di belakang MPV ini saat parkir mundur. Setiap Odyssey yang dipasarkan di Indonesia telah dilengkapi dengan kamera untuk memudahkan pengemudi parkir mundur. Ada pula indikator dalam bentuk warna (merah, kuning, dan hijau) yang menandakan jarak antara MPV ini dengan obyek di belakangnya saat mundur. Tongkat transmisi ada di dasbor, sedangkan rem parkir dioperasikan oleh kaki (di kiri pedal rem). Hasilnya, antara bagian tengah dasbor bawah dan kedua jok depan tercipta ruang kosong. Begitu kunci kontak di-ON-kan, panel instrumen atau meter kombinasi tampil bergaya modern karena menggunakan desain lapis 3D. Meteran ini menayangkan berbagai informasi melalui layar LCD dan bargraph. Spidometer menggunakan lingkaran, takometer setengah bulat, dan indikator lain di kanan. Juga ada indikator posisi gigi antara spidometer dan takometer.
Konsep teater. Kaca depan yang landai dan kap mesin yang rendah membuat penglihatan pengemudi dan penumpang depan jadi lebih luas. Khusus untuk MPV, Honda menciptakan konsep interior yang disebutnya sebagai "kabin teater". Ini juga dilakukan pada All New Honda Odyssey. Penumpang paling belakang berada pada posisi tertinggi. Hasilnya, penumpang belakang bisa melihat lebih lega. Jok pengemudi bisa disetel ke 8 arah dengan hanya menekan dan menggeser tombol . Untuk menambah kenyamanan dan kesan mewah, jok belakang atau ketiga bisa dilipat atau dibuka dengan mengoperasikan tombol yang berada di sisi kiri belakang jok. Honda menyebutnya “powered magical 3rd seat”. Selanjutnya, untuk kenyamanan penumpang, Honda menggunakan konsep yang disebutnya triple zone AC. Dengan ini, suhu bisa diatur pada tiga daerah berbeda. Perlengkapan interior lain untuk melindungi pengemudi dan penumpang adalah dual-iSRS depan, samping, dan yang berada pada kaca (curtain). Menurut Honda, kantong udara ini mengembang dalam dua tahap. Peranti canggih. Honda mengklaim, Odyssey adalah MPV pertama di kelas premium yang menggunakan teknologi keselamatan vehicle stabilty assist (VSA) untuk mencegah gejala oversteer dan understeer. Fitur tersebut dipadukan dengan antilock brake system (ABS), electronic brake-force distribution (EBD), brake assist (BA), kontrol traksi (traction control) yang disatukan dengan power steering listrik. Mesin Euro 4 All New Honda Odyssey menggunakan mesin berkapasitas 2,4 liter, 4 silinder, pada Odyssey yang dikorek lebih lanjut untuk menghasilkan tenaga lebih besar. Mesin yang digunakan sekarang bertenaga 20 PS lebih besar dibandingkan versi sebelumnya (Gen-3). Teknologi andalan yang diaplikasikan Honda agar mesin bekerja efisien dan responsif adalah Intelligent-Variable Valve Timing and Lift Electronic Control (i-VTEC) dan Variable Timing Control (VTC). Juga ada torque boost resonator untuk menambah torsi mesin. Gerakan pedal gas diteruskan ke throttle body (katup gas) melalui sistem drive by wire (DBW).
Honda mengklaim, mesin ini sudah memenuhi standar emisi Euro4 (berarti irit dan lebih ramah terhadap lingkungan). Sebanyak 90 persen komponen yang digunakan bisa didaur ulang. Matik 5 percepatan. Untuk meneruskan tenaga mesin ke roda, Honda menggunakan transmisi otomotik 5 percepatan. Transmisi dilengkapi dengan pengaktif D3 untuk menambah tenaga. Juga ada grade logic control yang mengatur perpindahan gigi berdasarkan kecepatan dan akselerasi di tikungan. Sementara itu, shitf hold control mengatur perpindahan gigi secara otomatis. Tambahan lain adalah wave key, keyless entry, immobilizer, alarm, dan sensor ultrasonik. Tersedia cash, kredit & tukar tambah (semua tipe) Honda Odyssey. Informasi lebih lanjut & pemesanan hub Ega Delaga Maranay - Flexi : 021 7163 1622 Hp : 0813 8346 0041 Email : sng_zine@yahoo.com

2 komentar: